Senin, 29 Juni 2015

RAPAT PNPM MANDIRI RESPEK DI DISTRIK MINDIPTANAH



Pada hari rabu,17 Desember 2014,jam 10.00 (pagi) waktu indonesia timur (wit),rapat PNPM MANDIRI RESPEK dilaksanakan guna mengetahui pelaksanaan infrastruktur bangunan dikampung-kampung selama ini melalui program PNPM MANDIRI RESPEK disetiap kampung-kampung diwilayah Distrik Mindiptanah Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua,pelaksanaan pembangunan infrastruktur dikampung-kampung sudah berjalan lancar atau tidak berjalan lancar sesuai harapan masyarakat dan pemerintah.

Dalam rapat berlangsung,ada beberapa kampung yang infrastruktur bangunan belum diselesaikan. Salah satunya dikampung Andokbit,infrastruktur bangunannya belum selesai dibangun dengan baik,banyak kegiatan berkaitan dengan bantuan dana belum diselesaikan dikarenakan kekurangan dana,kelalaian pengurus,maka permintaan kepala Distrik untuk segerah diselesaikan,sementara total anggaran tahun 2013 Rp.125.000.000; telah kami berikan kata Kepala Distrik Bapak Frans Komon disela-selah rapat berlangsung. Sementara buku khas Kampung Andokbit tahun anggaran 2014 kelihatan kurang jelas (kurjes) seperti yang kita temukan harus diganti pengurus baru untuk mengurus kegiatan ini.

Untuk laporan pertanggung jawaban keuangan,kalau bisa tolong jangan dijilid karena akan disatukan untuk diserahkan kepada Pemda Kab.Boven Digoel sesuai petunjuk yang diberikan kepada kami kata Pak Frans Asek, ketika memberikan keterangan dalam rapat yang sedang berlangsung. Sesuai rekomendasi yang ada pada kami tim dari Kabupaten Boven Digoel, dana yang diberikan sebesar 10% ini senilai Rp 250.000.000; untuk pelaksanaan pembangunan disetiap kampung. Sisa dana itu akan dipakai oleh pengurus TPKK untuk pembangunan selanjutnya,tutur Pak Fransiskus Asek dihadapan forum rapat resmi itu.

Maka harus ada evaluasi kegiatan dijalankan untuk mengetahui perkembangan pembangunan infrastruktur bangunan dikampung-kampung sudah maju atau belum maju pembangunan disetiap kampung-kampung diwilayah Distrik Mindiptanah Kabupaten Boven Digoel. Waktu selanjutnya pemberian bantuan dana diserahkan oleh kepala BPKD Kabupaten Boven Digoel kepada setiap ketua Badan Pengurus TPKK disetiap kampung sebesar Rp 125.000.000;. Dengan pemberian dana yang ada kepada setiap ketua Badan Pengurus TPKK disetiap kampung akan ada peninjauan bukti fisik lapangan oleh Distrik dan rombongannya. Sementara kampung imko tidak mendapatkan bantuan dana karena bendahara sedang sakit,bendahara sedang menjalani pengobatan di Kabupaten Merauke. Selanjutnya disarankan setiap kampung yang belum lengkap agar membuat pertemuan sebelum pembagian dana karena transparansi pembagian dana itu penting.

Laporan bisa disampaikan pada bulan januari,sementara penyaluran dana tahap penyaluran dana tahap kedua tahun anggaran 2013/2014. Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Distrik Mindiptanah Bapak Frans Komon,Kepala Distrik Mindiptanah memberikan gambaran umum tentang pembangunan di Distrik Mindiptanah Kabupaten Boven Digoel khususnya program kerja PNPM MANDIRI RESPEK dikampung-kampung. Rapat PNPM MANDIRI RESPEK ini dilaksanakan tepatnya digedung pengadilan tinggi di Distrik Mindiptana Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua.

Tidak ada komentar: