Senin, 13 Juli 2015

Kordinasi Kurang Efektif



Berdasarkan hasil interogasi yang dilakukan kepada bendahara TPKK Kampung Osso, Ibu Susana Katat dikediamannya telah ditemukan ada komunikasi yang kurang efektif diantara pengurus TPKK khususnya antara bendahara dengan ketua TPKK Bapak Bernadus Kerarop. Menurut bendahara TPKK Ibu Susana Katat, sampai hari ini belum ada kordinasi yang kurang efektif diantara kita berdua. Lebih lanjut ia mengatakan, menurut informasi yang kami peroleh dari berbagai pihak, beliau (Ketua TPKK) Bapak Bernadus Kerarop sedang menyiapkan bahan-bahan lokal untuk pembangunan infrastruktur adalah pembangunan layak huni bagi masyarakat di Kampung Osso Distrik Mindiptana.

Setelah berkordinasi dengan bendahara TPKK Ibu Susana Katat, saya ( Yohanis Yang Yong,SE) salah seorang akademisi Stiper Sta Jayapura, melanjutkan perjalanan menuju kediaman Kepala Kampung sedang berada di pinggiran jalan raya, Ketua TPKK Bernadus Kerarop baru saja dari salah satu bangunan melanjutkan perjalanan pulang ke Kampung Tinggam Distrik Iniyandit Kabupaten Boven Digoel, saya menuju kediaman kepala kampung.
Ketika sampai disana,Bapak Kepala Kampung sedang berada dipinggiran jalan raya, Bapak Kepala Kampung Osso, sedang bercakap-cakap dengan pemuda Kampung Osso, saya menghampiri mereka sambil mendengarkan perbincangan mereka pada saat itu. Secara tidak sadar mereka singgung mengenai masalah pelaporan, saya singkronisasi pembicaraan itu dengan sapaan,”permisi kakak-kakak, Bapak kepala Kampung Osso Bapak Herman Guru, menyangkut teknis pelaporan, saya kemarin diantar dari KM 01 Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel menuju ke Distrik Mindiptana Kampung Osso, dengan tujuan utama mengurus pelaporan administrasi keuangan Pengurus TPKK Kampung Osso ke tingkat Kabupaten Boven Digoel, selanjutnya diteruskan ke Provinsi Papua, kataku kepada Kepala Kampung Osso ditempat diskusi.

Menurut Kepala Kampung Osso, sampai hari ini saya secara pribadi belum ada kordinasi yang efektif antara badan pengurus TPKK dengan saya sebagai kepala wilayah tingkat bawah di Kampung Osso ini, katanya disaat diskusi berlangsung, lebih lanjut ia mengatakan, tapi hingga saat ini saya tetap mendukung efektivitas kerja pengurus TPKK yang selama ini telah menjalankan program dengan baik, khususnya infrastruktur fisik bangunan perumahan layak huni bagi masyarakat Kampung Osso.

Namun untuk laporan masalah teknis administrasi penggunaan keuangan. “Sementara ketua TPKK Kampung Osso mengatakan,selama berjalannya program PNPM Mandiri,RESPEK, Pemberdayaan Kampung, kami belum menerima laporan dari pendamping, tutur Feri Mikan, selaku wakil ketua pengurus TPKK Kampung Osso, kejanggalan teknis administrasi sebagai laporan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Boven Digoel, maka dampak dari kordinasi yang kurang efektif dalam menjalankan pekerjaan laporan sebagai salah satu pengabdian terhadap masyarakat. Disini kami mengetahui adanya kordinasi kurang efektif dengan kepala kampung, kordinasi kurang efektif dengan kepala TPKK dengan pendamping, begitu pulah ditingkat internal pengurus TPKK yang sedang berjalan.

Tidak ada komentar: