Senin, 13 Juli 2015

Dampak Penyaluran Dana PNPM Mandiri RESPEK



Pada hari senin,22 Desember 214, jam, 07.00 (pagi) (wit) waktu indonesia timur, tempat JDFO, sekarang sekertariat perpustakaan Distrik Mindiptana. Dampak penyaluran bantuan dana kepada masyarakat Kampung Osso merupakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) di Kampung Osso Distrik Mindiptana Kabupaten Boven Digoel, bagi masyarakat setempat mempunyai dampak positif, banyak masyarakat memiliki rumah layak huni salah satunya adalah rumah dibangun untuk masyarakat adalah milik Pak Wilhelmus Katat,rumah milik Pak Melkior Okaibop, serta masyarakat Muyu-Mandobo Daerah Aliran Sungai (DAS) Kao lainnya di Kampung Osso Distrik Mindiptana Kabupaten Boven Digoel. Dampak penyaluran dana PNPM Mandiri RESPEK meliputi bangunan fisik yang dibangun untuk masyarakat.

Tidak hanya penyaluran dana PNPM Mandiri, tapi “Rencana Strategis Pembangunan Kampung (RESPEK) juga disalurkan kepada masyarakat Muyu-Mandobo Daerah Aliran Sungai (DAS) Kao di Kampung Osso.” Penanganan dana-dana bantuan PNPM MANDIRI,RESPEK,sering bergantianantara satu pengurus dengan pengurus lainnya mulai dari pengurus TPKK hingga kepada pengurus kerja lapangan. Pengelolahan keuangan yang ada banyak bukti fisik bangunan dirasakan masyarakat di Kampung Osso.

Pengelolahan keuangan yang ada banyak bukti fisik bangunan dirasakan masyarakat di Kampung Osso. Meskipun penyaluran dana bantuan PNPM Mandiri, RESPEK, telah disalurkan kepada masyarakat Kampung Osso, tapi dengan jumlah penduduk yang cukup banyak, kadangkalah masyarakat lain yang penduduk aslih kampung Osso tidak pernah merasakannya, tapi sedikit kami merasakannya, kata Pak Wilhelmus Katat disela-selah diskusi berlangsung.

Hal ini juga disampaikan pulah oleh Ketua TPKK Kampung Osso, pada saat pertemuan berlangsung di balai Kampung Osso, tandasnya. Ada banyak bangunan yang kami dirikan, rata-rata dengan swadaya sendiri karena keterbatasan biaya, maka masyarakat Kampung Osso menyiapkan bahan-bahan bangunan lokal seperti balok, papan, bahan galian golongan “C” (batu-bata), pasir dan kerikil. Sementara penyaluran dana PNPM Mandiri, RESPEK, masih sangat terbatas, terpaksa kami harus berusaha secara swadaya juga kami lakukan untuk menjawab program pembangunan bagi masyarakat di Kampung Osso, tutur Pak Feri Mikan disela-selah pertemuan berlangsung.

Tidak ada komentar: