Rabu, 03 Desember 2014

PPL TURUN LAPANG BERSAMA MASYARAKAT KAMPUNG MINDIPTANA DI LAHAN PRAKTEK UJI COBA



Praktek uji coba bersama masyarakat Muyu-Mandobo Daerah Aliran Sungai (DAS) Kao, tepat hari Sabtu, 14 November 2014, jam 08.00 (pagi) Waktu Mindiptana Papua. Praktek uji coba ini dilakukan oleh PPL dari Dinas Pertanian Kabupaten Boven Digoel, Bapak Sudirjo bersama Ketua Kelompok Natalis Kaipman dan Wakil Ketua Kelompok Ibu Katarina Mandobar melakukan pembimbingan terhadap kelompok Ibu-Ibu Petani tanaman holtikultura, tepatnya dilingkungan Jeganim Pancuran RT 01, RW 01, Kampung Mindiptana Distrik Mindiptana Kabupaten Boven Digoel.

Pada saat praktek pembimbingan itu, masyarakat dilatih metode bercocok tanam yang baik, mulai dari mempersiapkan lahan penanaman sampai kepada proses penanaman dilahan yang tersedia. Selain itu cara menggunakan pupuk organik, non-organik pada tanaman sebagai bahan perangsang tanaman yang telah ditanami dengan teknologi sederhana tepat guna. Metode penanaman tanaman holtikultura khususnya tanaman sayur-sayuran yang selama ini dijalankan ibu-ibu kelompok usaha PNPM Mandiri RESPEK di Kampung Mindiptana, selanjutnya beliau mengajarkan pemanfaatan lahan pekarangan rumah sebagai lahan bercocok tanam kapasitas makro dengan menggunakan koker tanaman (bioteknologi), khususnya tanaman sayur-sayuran seperti tanaman sayuran terong, tanaman sayuran sawih.

Dalam praktek pembimbingan itu, banyak masyarakat (Ibu-Ibu) suku Muyu-Mandobo yang mengajukan usulan, saran, pertanyaan, kritik, kepada anggota PPL dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Bapak Sudirjo beliau adalah salah seorang pegawai pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten Boven Digoel, disaat praktek penanaman berlangsung, setiap ibu Muyu-Mandobo masing-masing membawah alat perkakas pertanian seperti pacul, pacul garpu, sikop, meter, tali raffia, serta alat pertanian lainnya untuk mengikuti pelatihan ditempat lahan praktek yang dijadikan sebagai laboratorium lapangan yang telah tersedia.
Jenis tanaman yang akan ditanam pada saat praktek uji coba seperti tanaman sayuran terong, kacang tanah, sayuran sawi, tanaman sayuran kacang-kacangan, tanaman kangkung cabut, serta tanaman holtikultura lainnya yang akan ditanam pada lahan praktek sebagai lahan percobaan. Laboratorium lapangan/lahan praktek merupakan lahan percobaan. Laboratorium lapangan yang di pergunakan untuk lahan praktek adalah milik Ibu Almahrum Bapak Yulius Bankok tepatnya di kompleks jeganim pancuran, RT 01, RW 01, kampung Mindiptana Distrik Mindiptana Kabupaten Boven Digoel. Selama kegiatan berlangsung, dihadiri juga Sekertaris Kampung Mindiptana, Bapak Otto Timop Karo. Kegiatan praktek lahan uji coba itu berlangsung selama ± 2 jam lamanya, sisa waktunya masyarakat bersama anggota PPL dari Dinas Pertanian Kabupaten Boven Digoel, bersama-bersama sarapan dirumah salah seorang ibu anggota kelompok usaha PNPM Mandiri RESPEK di kompleks perikanan Kampung Mindiptana, kegiatan ini di akhiri dengan doa bersama.

Tidak ada komentar: